MANAJEMENT SUMBER INFORMASI (IRM)
IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal
informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan
tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain
seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen. Informasi merupakan salah
satu sumber utama dari perusahaan & dapat dikelola seperti halnya sumber
lain.
Manajemen Sumber Daya
Informasi Amerika ilmuwan Horton (FWHorton) danMarchand (DAMarchand), yang adalah
pendiri teori IRM, para peneliti dan praktisiyang
paling berwibawa. IRM risalah mereka tentang banyak hal utamanya adalah:
1.Sumber Daya
Informasi (InformationResources) dan manusia, material,keuangan dan sumber daya
alam sebagai sumber daya penting untuksemua bisnis, jadi harus sumber daya lain
seperti manajemen, sumber dayamanajemen informasi. IRM adalah bagian penting
dari manajemenperusahaan, manajemen perusahaan harus disertakan
dalam anggaran.
2.IRM, termasuk manajemen data sumber daya dan manajemen informasipengolahan. Yang pertama menekankan kontrol data, yang berkaitandengan manajemen perusahaan dalam
kondisi tertentu, bagaimana untukmendapatkan dan memproses informasi, dan menekankan pentingnyasumber daya informasi perusahaan.
3. IRM adalah fungsi manajemen baru perusahaan untuk
menghasilkan fungsibaru ini dimotivasi oleh perkembangan informasi dan dokumentasi, danteratur pada semua tingkat manajemen untuk memperoleh informasi dan memproses informasi dengan cepat dan mudah kebutuhan
mendesak.
4. tujuan IRM adalah untuk meningkatkan kondisi dinamis
dan statisberhubungan dengan informasi internal dan eksternal kebutuhan
untukmeningkatkan efektivitas manajemen. mengejar IRM dari "3E" -
Efisien,Efektif dan ekonomis, yang efisien, efektif dan ekonomi; "3E" dekathubungan antara
kendala bersama.
5. tahap pengembangan IRM's. 20 abad
90an, IRM dapat dibagi ke dalamperkembangan fisik kendali, manajemen teknologi
otomatis, manajemensumber daya informasi dan pengetahuan manajemen dalam empat tahap.Setiap tahap perkembangan, dapat menjadi kekuatan
pendorong, tujuanstrategis, teknologi dasar, manajemen, status
organisasi dan faktor-faktorlainnya dibandingkan.
INFORMASI
SEBAGAI SUMBER STRATEGIS
Kita telah mengetahui bahwa perusahaan
berada dalam lingkungan yang terdiri atas elemen-elemen, seperti pelanggan,
pemasok, pemerintah, dan pesaing. Perusahaan berusaha untuk menetapkan arus
sumber fisik dan informasi secara dua arah dengan semua elemen tersebut kecuali
dengan pesaing. Secara ideal, hanya arus informasi yang masuklah yang
menghubungkan perusahaan dengan pesaingnya.
Tujuan utama dari perusahaan adalah
menghasilkan keuntungan dan memelihara operasi kerjanya, sehingga dapat terus
memberikan produk dan pelayanan (barang dan jasa) yang dibutuhkan oleh
pelanggannya. Perusahaan harus menjalankan tujuannya tersebut dalam kendala
yang diakibatkan oleh lingkungan.walaupun semua elemen dapat mengakibatkan
terjadinya kendala, namun yang paling kelihatan adalah yang datangnya dari
pesaing. Pesaing secara aktif berusaha untuk menyaingi keberhasilan perusahaan
tersebut.
Informasi merupakan salah satu sumber
yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif. Dengan cara memfokuskan para
pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus
informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya. Arus Informasi antara perusahaan
dan pelanggan :
- Informasi
yang menerangkan kebutuhan produk
- Informasi
yang menerangkan penggunaan produk
- Informasi
yang menerangkan kepuasan produk
PERENCANAAN STARTEGIS UNTUK
SUMBER INFORMASI
Jika informasi akan digunakan sebagai
sumber untuk mendapatkan keuntungan kompetitif maka penggunaannya harus
direncanakan. Lebih dari itu perencanaan tersebut harus dilakukan oleh
eksekutif perusahaan dan harus bersifat jangka panjang. Aktifitas perencanaan
yang menidentifikasikan sumber-sumber informasi yang akan yang akan diperlukan
pada masa yang akan datang dan cara penggunaannya dinamakan SPIR (Strategic
Planning for Information Resources). Gagasan utama yang mendasari SPIR ini
adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan rencana
untuk sumber-sumber informasinya. Sumber-sumber informasi harus digunakan
untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
Berdasarkan survey selama tahun delapan
puluhan mengungkapkan bahwa SPIR adalah hal yang paling penting kaitannya
dengan penggunaan komputer dalam bisnis. Namun demikian manajemen belum
menyadari akan pentingnya SPIR ini. Kesadaran tersebut berkembang secara
bertahap.
Gagasan utama dari SPIR adalah adanya
hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber-sumber informasi.
Sumber-sumber informasi harus digunakan untuk pencapaian tujuan. Perencanaan
yang digunakan Top Down :
a) .BSP IBM (Business System
Planning)merupakan Pendekatan studi total, Setiap manajer diinterview untuk
menentukan kebutuhan informasi, kemudian sistem diimplementasikan sesuai dengan
kebutuhan informasi.
b) .CSF (Critical Success Factor),
merupakan Perencanaan sumber informasi dengan mengidentifikasi kunci
keberhasilan yang nenentukan keberhasilan dan kegagalan
c) .Transformasi susunan strategis,
merupakan Misi, Tujuan, strategi dari perusahaan merupakan dasar tujuan,
batasan, strategi perencanaan sistem.
Proses pentransformasian dari susunan
strategi organisasi menjadi susunan strategi SIM dinamakan proses perencanaan
strategi SIM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar