Rabu, 04 Desember 2013

3.5 JELASKAN APA ITU COBIT

Mungkin ada yang pernah mendengar istilah COBIT (Control Objective for Information and related Technology), tetapi masih belum mengetahui apa sih sebenarnya COBIT itu. Tulisan berikut ini akan membahas, mengenai pengertian dan gambaran umum mengenai COBIT.
Kalau dilihat dari sejarahnya, sebenarnya COBIT adalah suatu kerangka kerja yang disusun oleh  ISACA (Information Systems Audit dan Control Association) dan ITGI (IT Governance Institute) yang dapat digunakan oleh manajer, auditor, dan pengguna teknologi informasi (TI) dalam memaksimalkan keuntungan yang didapat melalui pemakaian TI dan mengembangkan IT governance dan IT control di dalam organisasi.   COBIT menyediakan ukuran, indikator, proses, dan kumpulan praktik terbaik untuk membantu organisasi mendapatkan hasil yang optimal dari pengelolaan TI dan kontrol yang baik terhadap manajemen TI dalam sebuah perusahaan. Kerangka kerja COBIT menyediakan kriteria informasi beserta indikator – indikator yang dibutuhkan oleh pihak manajemen untuk melakukan pengukuran terhadap performa TI yang ada dalam perusahaan.
Selengkapnya COBIT menyediakan 34 aktifitas kontrol, satu untuk tiap proses TI yang dibagi dalam empat domain, yaitu :
1) Planninng & Organization,
2) Acquisition & Implementation,
3) Delivery & Support, dan
4) Monitoring.
Nah, kalau begitu apa pentingnya COBIT bagi sebuah perusahaan ?
Dengan adanya COBIT perusahaan dapat memenuhi kebutuhan manajemen terhadap informasi karena COBIT mampu menjembatani kesenjangan antara resiko bisnis, kontrol dan masalah teknik. Selain itu, COBIT juga dapat membantu para direktur, eksekutif dan manager meningkatkan nilai IT dan mengecilkan resiko. Dan menpersiapkan proses manajemen dan bisnis dengan model TI governance yang membantu dalam memahami dan memgelola resiko yang berhubungan dengan TI.

http://brianreynaldo.wordpress.com/2010/05/10/apa-sih-cobit-itu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar