Selasa, 17 Januari 2012

macam-macam manajement

PENGERTIAN MANAJEMENT


Pengertian manajemen – Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen, manajemen pengurusan dan lain se- bagainya. Bila dilihat dari literatur-literatur yang ada, pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:

1. manajemen sebagai suatu proses.
2. manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3. manajemen sebagai ilmu (science) dan sebagai seni (art).

Manajemen sebagai suatu proses, melihat bagai mana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :

1. Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.

2. Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.

3. Georçv R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.



MANAJEMENT ADMINSTRASI PERKANTORAN

Manajemen administrasi perkantoran merupakan bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.

 Pengertian menurut para ahli

* George R. Terry

Manajemen perkantoran adalah perencanaan, pengendalian dan pengorganosaslan pekerjaan perkantoran, serta oenggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan.

* William Leffingwell & Edwin Robinson

Manajemen Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu.

* Millis Geoffrey

Manajemen kantor adalah seni membimbing personil kantor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungannya demi mencapai tujuan yang ditetapkan

Dengan demikian, pada pokoknya manajemen perkantoran merupakan rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan mengenai sesuatu hal atau kegiatan. Hal atau sasaran yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya ialah pekerjaan perkantoran (office work). Yang termasuk pekerjaan perkantoran diantaranya:

* mengetik (typing)
* menghitung (calculating)
* memeriksa (checking)
* menyimpan warkat/arsip (filing)
* menelepon (telephoning)
* menggandakan (duplicating)
* mengirim surat (mailing)
* dan kegiatan lain.

Aspek-aspek manajemen perkantoran
Dalam manajemen perkantoran terdapat berbagai fungsi yang meliputi rangkaian aktivitas antara lain:
    * Manajemen dan pengarahan
    * Tata laksana/penyelenggaraan
    * Pelaksana secara efisien
    * Manajemen
    * Pengawasan
    * Pengendalian dan pengawasan
    * Pengarahan dan pengawasan
    * Pengarahan
    * Perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian

Faktor-faktor manajement perkantoran menurut Edwin Robinson menyebutkan :
    * pegawai
    * Material perlengkapan
    * Persayaratan
    * Metode

Sedangkan fungsi-fungsi yang terkait lainnya menurut H.Mac Donald (office management) bertalian dengan 6 hal yaitu :

    * Kepegawaian perkantoran (office personel)
    * Metode perkantoran (office methods)
    * Perlengkapan perkantoran (office equipment)
    * Faktor-faktor fisik dalam kantor (Physical factor)
    * Biaya perkantoran (office costs)
    * Haluan atau kebijakan perkantoran (office policies)

Perincian selengkapnya mengenai cakupan bidang kerja dalam manajemen perkantoran oleh Charles O Libbey meliputi :

    * ruang perkantoran (office space)
    * komunikasi (communications)
    * kepegawaian kantor (office personnel)
    * perabotan danperlengkapan kantor (furniture and equipment)
    * peralatan dan mesin (appliance and machine)
    * perbekalan dan alat tulis (supplies and stationery)
    * metode (methods)
    * tata warkat (records)
    * kontrol pejabat pimpinan (executive controls)

Tujuan

Tujuan manajemen perkantoran menurut GR Terry :
   
* Memberikan semua keterangan yang lengkap dan diperlukan siapa saja, kapan dan di mana hal itu diperlukan untuk pelaksanaan perusahaan secara efisien
* Memberikan catatan dan laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya.
* Membantu perusahaan memelihara persaingan.
* Memberikan pekerjaan ketatausahaan yang cermat
* Membuat catatan dengan biaya minimal

Kegiatan

Kegiatan manajemen administrasi antara lain :

1. Pengadministrasian seluruh kegiatan
2. Menginventarisasi peralatan kantor
3. Penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan   manajemen.
4. Melakukan pengasrsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.


Manajemen kantor dapat ditinjau dari dua sudut penglihatan yang berbeda:

1. Sudut manajemen
Merupakan kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengendalikan, mengoordinasikan, mengawasi, mengurus, menyempurnakan dan menertibkan ketatausahaan kantor
2. Sudut sasaran
Segala kegiatan penataan yang ditujukan kepada segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha dalam sistem perkantoran untuk mencapai sasaran organisasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar