Minggu, 15 Januari 2012

tugas 1

  1. Bagaimana cara kerja sistem produksi manajemen operasi, sebagai pengelola sistem treansformasi yang mengubah masukan menjadi barang dan jasa?
Jawaban : Ada pun yang menjadi masukan sistem tersebut energi,material,tenaga kerja,modal dan informasi. Sedangkan output produksi merupakan produksi yang dihasilkan berikut hasil sampingan nya, sperti limbah, informasi. Sub-sub sistem dari sistem produksi tesebut antara lain adalah perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, penentuan, standar-standar operasi, penentuan fasilitas produksi, perawatan fasiltas produksi dan penentuan harga pokok produksi.
Sub-sub sistem tersebut akan membentuk konfigurasi sitem produksi. Keandalan dari konfigurasi sitem produksi ini akan tergantung pada produksi yang dihasilkan serta bagaimana cara menghasilkannya (proses produksi). Cara menghasilkan produk tersebut dapat berupa jenis proses produksi menurut cara menghasilkan produk,operasi dari pembuatan produk,dan variasi produk yang dihasilkan.
Konsep dasar sistem produksi terdiri dari :
a.       Elemen input dalam sistem produksi
Pada dasarnya input dalam sistem produksi dapat diklarifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu input tetap (fixed input) dan input variabel (variabel input). Input tetap didefinisikan sebagai suatu input bagi sistem produkasi yang tingkat penggunaan input itu tidak tergantung pada jumlah output yang akan diproduksi. Input variabel didefinisikan sebagai suatu input bagi sistem produksi yang tingkat pengguaan input iti tergantung pada jumlah output yang akan diproduksi.
b.      Proses dalam sistem produksi
Suatu proses dalam sistem produksi dapat diidentifikasikan sebagai integrasi sekuensial dari tenaga kerja , material, informasi, metode kerja, dan mesin atau peralatan, dalam suatu lingkup guna menghasilkan nilai tambah bagi produk agar dapat dijual dengan harga kompetitif di pasar.
c.       Elemen output dalam sistem produksi
Output dari proses dalam sistem produksi dapat berbentuk barang dan/jasa, yang disebut sebagai produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar