Minggu, 15 Januari 2012

tugas 5

5. bagaimanakah karakteristik-karakteistik yg ada pada aliran proses?
Jawaban: terdapat 3 jenis aliran proses yaitu lini/garis, intermitten (terputus-putus) dan proyek. Pada manufaktur, aliran produk sama dengan aliran bahan karena bahan dikonversi menjadi suatu produk. Dalam industri jasa yg murni, tidak terdapat aliran fisik produk akan tetapi terdapat urutan operasi yg dilaksanakan dalam penyampaian jasa tersebut. Urutan operasi dianggap sebagai aliran produk dalam idustri jasa.
Karakteristik aliran lini/garis adalah urutan yg linier dalam membuat produk atau jasa, pada operasi lini, produk hrus dibakukan dengan baik dan harus berpindah dari satu operasi ke operasi berikutnya dalam urutan yg telah ditentukan. Setiap operasi berhubungan dan harus seimbang sehingga operasi tidak menghambat operasi berikutnya.
Operasi aliran lini kadang-kadang dibagi menjadi 2 jenis sistm produksi:
Massa dan kontinu.produksi massa pada umumnya berkenaan dengan suatu operasi perakitan, seperti pada industri mobil. Produksi kontinu biasanya disebut industri proses, seperti pada industri kimia, kertas, bir, listrik dan telepon.
Operasi lini yg tradisional sangat efisien tetapi juga sangat tidak fleksible. Sangat efisien karna adanya subtitusi tenaga kerja dengan modal dan pembakuan pada tugas-tugas yg sangat rutin. Efisiensi yg tinggi dapat dicapai dengan menjaga volume produksi yg tinggi untuk menutupi biaya unvestasi pada peralatan otomatis sehingga membutuhkan pembakuan produk yang relatif stabil sepanjang waktu. Karena adanya pembakuan dan urtan organisasi stasiun kerja pada operasi aliran lini ni, maka pengubahan suatu produk atau volume akan memerlukan biaya yang sangat tinggi dan sukar dilakukan sehingga operasi jenis ini tdak flaksibel. Aliran intermitten (terputus-putus). Karakteristik proses aliran intermitten adalah proses produksi dalam kelompok-kelompok dengan interval yang terputus-putus. Pada aliran ini, peralatan dan tenaga kerja diatur dalam stasiun kerja dengan jenis pealatan dan keterampilan yang sama. Suatu produk atau pekerjaan mengalir hanya pada stasiun kerja yang diperlukan, sehingga membentuk suatu pola aliran yang bercampur baur, karena menggunakan peralatan yang multiguna dan tenaga kerja dengan keterampilan yang tinggi, operasi inermitten sangat fleksibel jika terjadi perubahan produk atau volume tetapi juga kurang efisien. Pola aliran yang ercampur baur dari variasi produk menimbukan masalah yang sulit dalam pengendalian persediaan, penjadwalan, dan kualitas.
Pross intermitten juga dikenal sebagai tata letak produk (produk layout), sebab sebagai proses, peralatan dan keterampilan tenaga kerja diletakkan secara berurtan sesuai dengan produk yang dibuat. Operasi intermitten dapat digunakan bila produk tidak dibakukan atau volume produksi rendah. Dalam hal operasi intermitten adalah paling ekonomis dan resiko nya rendah. Bentuk operasi yang demikian, sesuai untuk produk yang siklus hidup nya pendk, produk yang ersifat pesanan dan pasar yang kecil.
Bentuk operasi proyek digunakan untuk membuat suatu produk yang unk seperti seni, konser, bangunan atau vila. Suatu proyek tidak terdapat alirn produk tetapi terdapat suatu urutan atau rangkaian operasi. Konsep rangkaian tugas atau pekerjaan suatu proyek yang menunjukan prioritas diantara berbagai tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus